• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 20
  • Status Order
  • Tlp: 081555699917
  • SMS/WA: 081555699917
  • info@tokodjembe.com
Terpopuler:

cara merawat kendang djembe

14 November 2019 - Kategori Blog

cara merawat kendang djembe

cara merawat kendang djembe

cara merawat kendang djembe

Seperti halnya dengan alat musik perkusi lain, kendang Djembe membutuhkan penghargaan dan rasa hormat dan perhatian untuk kualitas suara dan bahan untuk bertahan lama. Jika Anda merawat djembe  Anda dan cincin pada bagian atas itu akan bertahan seumur hidup. Harapan hidup dan tali kulit akan tergantung pada seberapa sering dimainkan, seberapa baik perawatannya, dan tingkat ketegangan dipertahankan. Secara umum, adalah ide yang baik untuk menyimpan djembe Anda dalam wadah untuk penyimpanan dan cara membawa yang baik dan benar, yang akan melindungi kulit dan kepala dari kondisi cuaca berlebih pada elemen-elemen, dan melindungi terhadap benjolan dan tetes.

Karena kayu (kecuali tertutup) dan kulit binatang adalah bahan higroskopis, mereka secara konstan mengambil dan melepaskan kelembapan sebagai respons terhadap kondisi iklim yang berbeda antara satu tempat dengan yang lainya. Kulit kambing, karena lebih tipis dan lebih lembut, lebih baik menanggapi perubahan dalam kelembaban relatif dan temperatur daripada kebanyakan jenis kayu. Ketika kelembaban diserap oleh sel-sel mengembang, menyebabkan peningkatan ukuran keseluruhan. Inilah sebabnya mengapa djembe akan kehilangan tegangan dan jatuh dalam nada ketika diambil dari suatu tempat ke tempat lainya. (kelembaban relatif rendah hingga kelembaban lebih tinggi), semua faktor lainnya dianggap sama. Saat kelembaban dilepaskan, sel menyusut. Ini juga mengapa kebanyakan djembe tidak disegel plastik kering cenderung memiliki rambut untuk retakan mendalam ketika diekspor dari satu tempat ke tempat lainya. Ini juga mengapa kulit pada set Djembe akan pecah jika dibiarkan di dalam mobil di hari musim panas, atau jika ditempatkan langsung di depan lubang pemanas setelah berada di lingkungan yang dingin.

body klowong kendang djembe
Sebagai aturan praktis Anda harus memperlakukan cangkang djembe Anda seperti halnya Anda menggunakan furnitur kayu yang bagus. Hindari paparan sinar matahari langsung, air, tanah, dan panas berlebih dan dingin secara berlebihan. Saat diangkut untuk melindungi dari goresan dan penyok dengan tas empuk. Ketika diambil dari satu suhu ke suhu lainnya, dan di mana suhu drum sudah cukup lama untuk menyesuaikan dengan itu, memberi waktu untuk drum secara bertahap menyesuaikan diri sebelum bermain. Kayu yang disegel untuk membantu menyesuaikan dengan perubahan suhu dan kelembaban harus diminyaki secara teratur. Retakan kecil dapat dengan mudah diperbaiki di rumah.

Seleksi dan Aplikasi Minyak – Minyak nabati dan minyak biji dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu pengerasan dan non-pengerasan. Pengerasan minyak akan menebal dan berubah menjadi resin seiring waktu dengan paparan udara, proses tidak dapat dikembalikan hanya dengan menambahkan air atau menaikkan suhu. Ini termasuk minyak biji rami rebus, tung dan minyak jati. Ubah sifat pengerasan minyak dari kayu, membuatnya lebih keras dan kurang berair. Beberapa pengerasan mantel minyak dapat mencapai efek yang sama dengan menggunakan sealant polyeurythane. Suara yang dihasilkan memiliki nada dan dering, tidak sehangat dan sealami shell terbuka.
Minyak non-pengerasan tidak akan berubah menjadi resin, meskipun mereka mungkin menjadi lebih padat ketika suhu menurun, yang dapat dibalikkan. Ini biasanya termasuk shea butter dan minyak kelapa untuk perawatan djembe. Minyak ini melembabkan kayu sambil memungkinkannya mempertahankan sifat kayu yang berkhasiat, keinginan untuk kualitas suara yang lebih baik. Djembe Kecuali jika Anda telah diperlakukan dengan pengerasan minyak, atau disegel, kami akan sangat menyarankan menggunakan minyak kelapa atau shea butter untuk menjaga kulit djembe Anda terhidrasi untuk mencegah retak, dan untuk meningkatkan keindahan alam dan butiran kayu.
Ketika kayu mulai terasa atau terlihat kering, atau jika retakan kecil mulai muncul di dekat bagian bawah cangkang, sekarang saatnya untuk melembabkan kayu lagi. Untuk hasil terbaik, pastikan permukaan kayu bersih dan kering. Minyak kelapa atau Karite (shea butter) dapat diaplikasikan dalam keadaan cair atau semi-padat, menggunakan kuas cat atau kain jenuh. Kayu akan menyerap lebih banyak minyak ketika pori-pori terbuka dan minyak cair. Dengan hanya menempatkan drum di bawah sinar matahari selama beberapa menit sehingga permukaan hutan sedikit memanas, dan membiarkannya duduk di bawah sinar matahari selama beberapa jam setelah minyak AHS diterapkan, kayu akan menyerap dan menahan lebih banyak minyak. Singkirkan minyak berlebih dengan kain bersih, dan ulangi proses ini sesering yang diperlukan untuk menjaga kayu tetap terhidrasi dan sehat.

Perbaikan Retak di Kayu – Kayu mulai mengering di permukaan dan bekerja ke arah tengah, itulah sebabnya sebagian besar djembe yang diimpor, setidaknya memiliki satu celah tertutup. Jika sudah diperbaiki, Anda mungkin tidak menyadarinya. Dalam beberapa kasus, terlepas dari berapa banyak minyak yang diletakkan pada kayu, masih retak untuk meredakan ketegangan internal. Sisi baiknya, sekali djembe telah meredakan ketegangan ini melalui satu atau lebih divisi, itu lebih stabil daripada sebelumnya sebelum retak. Karena alasan ini, kami tidak menyarankan untuk mencoba menutup pembagian dengan menyatukan kembali kayu; hanya menerapkan kembali ketegangan yang secara alami dilepaskan oleh divisi dan dapat menyebabkan ketidakstabilan dan retak simpatik di tempat lain.

Metode terbaik untuk memperbaiki retakan kecil membutuhkan sedikit lem dan cairan serbuk gergaji super halus. Pertama-tama buang kotoran dan oli sebanyak mungkin dari area perbaikan, dan pastikan permukaannya kering. Isi retakan dengan serbuk gergaji, gosoklah semak-semak sebanyak mungkin.

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp